SIKLUS HIDUP PROSES

                           SIKLUS HIDUP PROSES

• pada sistem yang sequential ketika sebuah proses       dijalankan maka proses tersebut akan mengisi seluruh sumber daya  komputer sampai selesai.
• pada sistem multitasking, proses akan mengalami sejumlah kondisi atau sejumlah status selama siklus hidupnya
• switching antara proses satu dengan proses lainnya akan terus berlangsung selama komputer hidup.
• Terdapat lima jenis siklus sistem.

• New
• tahap inisiasi  oleh rutin /prosedure sistem operasi berupa alokasi memori utama, pengisian tabel,pembuatan struktur  data kendali dan status proses.
Ready
proses yang berhasil dimasukkan ke dalam antrian penjadwalan siap berkompetisi untuk mendapatkan alokasi waktu prosesor.
rutin SO yang bertugas untuk melakukan pemilihan disebut scheduler.




Running
Proses dalam antrian ready terpilih oleh scheduler untuk dijalankan dan dieksekusi, proses ini telah menguasai seluruh prosesor.

Blocked(waiting) àproses yang terjadi ketika proses membutuhkan pembacaan data dari piranti I/O untuk memaksimalkan prosesor agar proses lain dalam antrian dapat dijalankan.
Exit atau terminatedà proses telah berhenti atau dihentikan eksekusinya baik secara normal  maupun tidak normal. Model siklus proses diatas sering disebut dengan model proses tiga status karena umumnya new dan exit tidak dianggap sebagai suatu status permanen karena bersifat sementara.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Kendali Sistem Proses

Multitasking dan konsep proses sistem operasi