Multitasking dan konsep proses sistem operasi

                 Konsep Proses Sistem Operasi

KONSEP PROSES
Proses merupakan abstraksi atau pemodulan terhadap eksekusi program.Pemahaman tentang konsep proses akan membantu pemahaman tentang komponen menajemen sistem operasi. Hal penting yang dibahas adalah mekanisme yang digunakan agar proses-proses dapat berjalan berdampingan secara aman dan tidak saling mengganggu  pada lingkungan sistem operasi multitasking.


MULTITASKING DAN KONKURENSI
Masalah utilitas mendorong lahirnya konsep multitasking /multiprogramming pada sistem operasi.
Multitasking Merupakan subset dari sistem konkuren, berkebalikan dengan sistem sekuensial.
konkurenà Sistem yang memiliki sejumlah aktivitas yang sedang berjalan secara bersamaan.
Pada sistem komputer sistem yang mengerjakan aktivitas yang berbeda pada saat yang bersamaan disebut dengan sistem paralel atau multiprocesing.

contoh : komputer yang memiliki 2 atau 1 prosesor.
untuk membangun sistem yang multitasking tidak harus menggunakan komputer yang memiliki lebih dari satu prosesor. Kunci implementasi sistem terletak pada pada sistem operasi yang dapat melakukan penjadwalan penggunaa prosesor.

      Hubungan antara sistem konkuren, sistem sekuensial, sistem multitasking dan sistem paralel
konkurensi khususnya multitasking dapat dicapai pada sistem uniprosesor (berprosesor tunggal) dengan menjadwal eksekusi proses-proses secara bergantian (interleaving).
  
Pada sistem multiprosesor, konkurensi digunakan dengan menjalankan proses-proses secara bersamaan pada prosesor yang berbeda (overlapping) dan juga memjadwal proses-proses secara bergantian pada prosesor tertentu.

KONSEKUENSI PROSES-PROSES YANG BERJALAN SECARA KONKUREN PADA SUATU SISTEM MULTITASKING

proses tidak saling mempengaruhi
contoh : microsoft word dan microsoft media    player yang berjalan bersamaan.

proses saling mempengaruhi secara tidak langsung . contoh :microsof word dan notepad yang sedang membuka suatu berkas yang sama.

proses saling mempengaruhi secara langsung
Contoh : aplikasi browser internet yang mengakses dokument disebuah situs.


SEJUMLAH MASALAH YANG HARUS DITANGANI SISTEMOPERASI KETIKA TERJADI PEREBUTAN SUMBER DAYA PADA PROSES-PROSES YANG SALING MEMPENGARUHI
1.Race condition .

  terdapat dua atau lebih proses yang berusaha mengakses dan melakukan operasi pada suatu sumber daya yang sama. Yang akan menyebabkan status sumber daya tidak valid dan tidak konsisten pada akhir seluruh operasi tersebut. Kondisi tersebut dikatakan race condition. Dapat diatasi dengan menerapkan mekanisme sinkronisasi. Dengan mutual exlusive yaitu menerapkan pada suatu waktu hanya ada satu proses untuk menjalankan crital section

2. Deadlock à kondisi kebuntuan dalam alokasi sumber daya yang dibutuhkan oleh proses dan akibatnya proses-proses yang terlibat tidak dapat melanjutkan eksekusinya sama sekali.

3.   Starvasion à kondisi dimana satu proses atau lebih selalu kalah dalam kompetisi untuk mendapatkan sumber daya yang diperlukan sehingga eksekusinya tertunda terus menerus.

PENERAPAN KONKURENSI PADA SO AKAN MENAMBAH KOMPELKSITAS BARU ANTARA LAIN
1. SO harus dapat mengawasi berbagai proses yang aktif.

2. SO harus melakukan penjadwalan proses secara adil dan berusaha menjaga keoptimalan kinerja proses-proses secara keseluruhan.

3. Sistem operasi harus melakukan alokasi dan dealokasi berbagai sumber daya (prosesor,memori,berkas,peranti I/O.

4. Sistem operasi harus melindungi sumber daya yang sedang digunakan oleh suatu proses terhadapa pengaksesan proses lain.

5. SO harus menjaga jumlah data yang dialirkan dari/ke peranti I/O selalu konstan.   pemutar lagu. SO bertanggung jawab agar aliran data kekartu suara selalu konstan agar suara yang terdengar tidak putus-putus.

6.  Sistem operasi pun harus harus memfasilitasi jika proses-proses konkuren memerlukan komunikasi satu sama lain.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Kendali Sistem Proses

SIKLUS HIDUP PROSES